Sunday, March 30, 2008

The Ringmasters Daughter

The ringmasters daughter
Pengarang: Jostein Gaarder
Terbitan Oslo 2001
Mizan 2006 "Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng

Sebuah novel khas Jostein Gaarder. Yang paling saya suka dari semua novel karyanya.

Novel ini menceritakan banyak cerita, yang diceritakan dari sudut pandang Peter si manusia laba-laba. Peter adalah seorang yang sangat kaya dengan imajinasi. Saat seorang penulis bermasalah karena mengalami kebuntuan ide, Peter malah bermasalah dengan begitu banyak ide-ide kreatif dari imajinasinya.

Ide-ide itu mengalir begitu saja di benaknya sejak dia kecil, lalu dengan teratur dia membuang isi kepalanya dengan menuliskannya. Permasalahannya adalah ide-ide tulisannya cemerlang, namun dia tak mau menjadi penulis terkenal.

Maka Peter menjalankan bisnis dengan menjual tulisannya kepada orang-orang yang berniat menjadi penulis serta penulis yang sedang mengalami kebuntuan ide. Bisnisnya yang dinamakan writers aid berkembang dan dia memiliki banyak klien dari berbagai negara. Dari imaginasinya keluar cerita seperi Putri sirkus yang terpisah dari ayahnya sejak kecil, Pembunuhan oleh orang yang sudah mati, Si kembar dalam perang vietnam, Manusia catur, dan sebagainya.

Cerita berlanjut dengan plot yang sangat baik, sampai pada akhirnya Peter mendapat masalah dari bisnis yang dijalankannya. Peter terjebak oleh jaring-jaring yang dijalinnya sendiri yang semakin memuncak dari halaman ke halaman hingga halaman terakhir.

Seperti biasanya, buku ini masih bernuansa filsafat, tapi tidak dalam bahasa yang berat. Sangat bagus. Memotivasi orang-orang yang ingin menjadi penulis untuk mengembangkan imajinasinya.Seperti komentar Kompas, Gaarder adalah garansi bagi bacaan bermutu, buku ini adalah salah satu yang menguatkan pendapat itu. Buku ini juga salah satu mengukuhkan saya sebagai seorang penggemar karya-karya Jostein Gaarder.

Ingin terjebak dalam jaring-jaring karya Jostein Gaarder? Dapatkan di toko-toko buku terdekat.

No comments:

Post a Comment