Friday, July 08, 2005

Perjalanan Manusia

Manusia adalah makhluk sosial, makhluk religius, juga makhluk cinta.

Sebagai mahkluk sosial, manusia selalu membutuhkan untuk bisa berinteraksi dengan sesama makhluk lainnya, berbagi pemikiran, berbagi cerita, berbagi suka dan duka, dan berbagi banyak hal lainnya dalam sebuah interaksi sosial. Tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri.

Sebagai makhluk religius, manusia selalu berusaha mencari hakikat penciptaan, dan adakah kekuatan besar diluar sana yang menatur semua kehidupan ini, dan manusia mendapatkan jawabannya dengan ajaran agama, semua agama monoteis mengatur hubungan antara manusia dan penciptanya. Lalu bagaimana dengan manusia yang tidak mengakui adanya tuhan (atheis)? Berarti dia mengingkari kodrat kemanusiaannya, dengan alasan-alasan yang dipaksakan berdasarkan penglihatan tanpa dasar pemikiran yang layak uji.

Sebagai makhluk cinta, manusia selalu membutuhkan untuk mencintai dan dicintai oleh orang lain. Cinta bukan berarti harus sering berinteraksi dengan seorang lain, tetapi cinta, sejatinya bahkan tak membutuhkan sebuah media untuk memuaskannya, dengan keberadaan cinta, manusia bisa menyempurnakan kehidupannya. Bisakah dibayangkan seorang manusia yang tidak memiliki cinta di hatinya???


No comments:

Post a Comment