Saturday, July 15, 2006

sampai dimana

Setelah 22 tahun mencicipi hidup di bumi, sudah sampai dimana aku hari ini...

Bila hidup ini dijalani untuk sebuah pencapaian legenda pribadi, entah sudah sejauh mana legenda itu mendekat. Bahkan aku telah melupakan, apa pencapaian yang aku harapkan selama ini. Terakhir kali, semua malah mengalir begitu saja dengan harapan aku bisa mendapat kebahagiaan dari sebuah hari.

Kira-kira apa ya, cita-cita yang aku tetapkan sejak SD dulu? Seorang teman sejak SD telah sering berkomentar "Pak Suharto belum turun-turun dari jabatan presiden, menunggu ku untuk menggantikannya", cita-cita yang sungguh hebat kurasa. Meski sekarang, setelah Presiden diganti beberapa kali, dia baru saja bekerja di pemerintahan dalam negeri.

Aku sendiri, tidak ingat apa yang pernah aku ucapkan waktu itu... "Aku ingin menjadi insinyur", mungkin. Kalau cuma itu, sekarang aku telah menjadi insinyur. Dan rasanya menjadi seorang insinyur tidak cukup. Aku tak akan senang, hidup cuma menjadi seorang insinyur yang terkadang tak berarti selain hanya untuk diri sendiri.

Sampai sejauh ini, yang aku rasakan, aku ingin mengerti kehidupan. Memahaminya lebih dari orang-orang lain, yang terkadang tak tahu bahwa hidup seharusnya punya arti. Lantas kata-kata Marx menggema "Selama ini para filsuf telah berusaha untuk menterjemahkan arti kehidupan, padahal yang paling penting adalah mengubahnya". Meskipun aku benci Marx, sebagai seorang materialis yang menghujat kehidupan spiritual, tetapi kata-katanya dapat dibenarkan. Namun, entah apa yang akan dikatakannya jika bisa bertemu dengan Nabi SAW, seorang tokoh yang memiliki penafsiran terbaik atas kehidupan dan mengubahnya. Marx tentu tak akan menundukkan kepala, tertahan oleh kesombongannya. Banyak orang lain yang juga memiliki perilaku seperti itu. Aku benci orang-orang yang sombong dan pragmatis, serta tak ingin menjadi seperti itu.

Lantas, mau jadi seperti apa aku? Aku tak bisa menentukan sampai dimanam, bila belum ada jawaban atas hal ini...

3 comments:

  1. Anonymous10:42 AM

    This site is one of the best I have ever seen, wish I had one like this.
    beuh... mantap kali komen2nya bang..

    awa pengen buka tambak ikan, tinggal di pinggiran kota, dan lain2 seperti yang pernah ku kisahkan padamu

    ReplyDelete
  2. Anonymous8:51 AM

    Looking for information and found it at this great site... » »

    ReplyDelete
  3. mantap kali edd, suatu saat awak mampir, jangan lupa hidangkan sepiring ikan bakar..

    ReplyDelete